Sunday, October 22, 2006

Ide ide aneh ...

Bismillah,

Saya punya ide ... mungkin ide ini di mata orang lain aneh, sinting, sarap, sedeng atau apalah namanya itu. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua yang orang anggap aneh itu benar2 aneh.

Buktinya ...

Dulu orang mana pernah kepikiran untuk menjelajahi angkasa luar, yang bisa dilakukan pada jaman dahulu hanyalah mempelajari seluk beluk angkasa luar; bumi itu bulat bukan balok, kerucut, limas, dll. Matahari merupakan pusat tata surya --Dalam Al Qur'an dijelaskan juga masalah hal ini namun afwan .. saya lupa surah dan ayat ke berapa-- Kalau ada orang jaman dulu yang mempunyai visi bahwa suatu saat orang akan pergi ke luar angkasa maka dianggap gila, dan bernasib tragis. Dengan teknologi astronautika sekarang ini hal tersebut tidak mustahil lagi walau memang memakan biaya yang bagi kita mungkin 1 tahun APBN.

Ada lagi permasalahan teori mekanika kuantum yang secara ringkas bagaimana state elektron dalam sumur potensial yang dirumuskan dalam bentuk mekanika gelombang oleh Erwin Schrodinger. Heran, kok bisaaa gitu orang berpikir sampai skala terkecil sekalipun. Melihat dengan mata pun tidak. Salah satu hasilnya seperti yang kita nikmati sekarang ini; prosesor pentium 1-4 bahkan sekarang ini dual core yang dapat menangani proses komputasi yang rumit.

Kedua kisah di atas hanyalah setetes air di lautan saya kira. Masih banyak lagi hal yang mungkin dianggap aneh namun sebenarnya tidak kalau ditelaah lebih lanjut. Tapi ... jelas karena kita manusia dengan segala ke-dhaif-annya ada beberapa hal yang mustahil bagi kita untuk dijelaskan apalagi direalisasikan.

Yang ada di pikiran saya adalah ... bagaimana caranya mentransformasikan domain pemikiran orang yang --maaf-- tidak waras ke dalam domain pemikiran orang biasa (ide aneh bukan?).

Dalam matematika kita mengenal transformasi Fourier yang mengubah domain waktu ke dalam domain frekuensi dan dalam signal processing lebih dikenal dengan spectral analysis. Ada lagi transformasi Laplace yang juga mengubah domain waktu menjadi domain bilangan kompleks (real dan imajiner) kontinu; biasanya digunakan untuk menganalisis perilaku sistem dan banyak digunakan oleh insinyur teknik kendali. Transformasi Z yang mirip dengan Laplace namun analisisnya pada domain diskrit; sangat digunakan untuk proses sampling, quantizing, coding/decoding, dll.

Nah sehubungan dengan apa yang saya utarakan tadi dalam pemikiran saya ... transformasi apa yang bisa mengubah domain abnormal ke domain normal ? Pemikiran saya adalah dengan adanya transformasi ini kita bisa menganalisis berbagai hal ... termasuk salah satunya adalah alternatif untuk enkripsi data atau dikenal dengan ciphering. Bagaimana data yang ditransmisikan direkayasa sedemikian rupa sehingga pendengar yang unauthorized tidak dapat mengenali apa isi pesannya tersebut.

Kalau saya perhatikan mekanisme pemikiran orang yang --sekali lagi .. maaf-- tidak waras mungkin identik dengan chaos theory. Bentuk persamaannya sudah tidak linier (nonlinear) lagi dan sulit untuk mengetahui bagaimana persamaan umumnya apalagi mencari solusi umum/khususnya. Tapi ada beberapa syarat dalam kondisi chaos ini yaitu:
  1. Perilaku sistem terkait harus sensitif terhadap kondisi awal,
  2. Topologically mixing,
  3. Periodic orbits must dense.
Insya 4JJ1 di lain kesempatan saya jelaskan lagi lebih jauh. Namun berhubung beberapa hal, saya tidak bisa menjelaskan apa yang ada di pikiran saya lebih jauh lagi untuk saat ini. Singkat cerita, ide ini baru hipotesis dan belum ada hasilnya tapi saya sedang menelitinya untuk pengembangan lebih lanjut.

--Dimas

0 Comments:

Post a Comment

<< Home