Monday, November 13, 2006

OODA (Observation Orientation Decision Action)

Bismillah,

Hari Jum'at kemarin di lab kami ada pertemuan ilmiah mengenai riset untuk e-health yang sedianya akan di-provide oleh Bakrie Telecom. Pertemuan ini dihadiri oleh anggota lab yang terkait dengan riset tersebut dan juga dihadiri oleh salah satu dosen STEI - ITB yaitu Dr.Ir. Jaka Sembiring. Masukan beliau adalah bagaimana caranya menyelesaikan permasalahan e-health tersebut dengan metode OODA Loop.

Mungkin viewers ada yang belum mengetahui apa sebenarnya OODA tersebut, namun ... konsep yang diperkenalkan oleh Col. (USAF) John Boyd ini sangat bermanfaat baik bagi kalangan militer maupun sipil. Oleh sebab itu saya hendak memperkenalkan konsep ini --mungkin konsep ini terlalu detil yang saya sendiri pun tidak begitu faham, tapi yang saya tahu adalah inti dari pemikirannya--

Konsep OODA ini sebenarnya diperkenalkan guna menanggulangi situasi kritis aerial combat atau yang lebih dikenal dengan istilah dogfight untuk kalangan AU (Angkatan Udara); yaitu bagaimana si pilot menganalisis situasi dan kondisinya sebelum melihat musuh dalam visual range. Contohnya kondisi cuaca, kecakapan pilot musuh, berapa kekuatannya, tipe dan jenis pesawat musuh apa, dll. Dengan pengertian demikian maka si pilot tadi memiliki keputusan dalam melakukan tindakan dimulai dari kondisi disadvantage menjadi advantage.

Namun kemudian pertanyaan muncul ... bagaimana apabila ternyata musuh pun mengadopsi sistem OODA Loop ini ?

Inilah kondisi yang mengharuskan si pilot memiliki keunggulan dalam hal maneuverability dan speed --tentunya hal ini wajar ... man, machine, method adalah harga mati dalam sebuah pertarungan; baik dalam wujud apapun--. Atau boleh dikatakan bahwa si pilot mesti memiliki keunggulan dalam bertindak tepat, akurat dan cepat melebihi pemikiran dari pilot musuh. Caranya adalah dengan menginfiltrasi OODA Loop lawan dan berusaha untuk mengacaukan circuit OODA pilot musuh. Apabila hal ini sudah terpenuhi maka kondisi apapun yang si pilot ciptakan akan mengaburkan pemahaman pilot musuh dan tentu saja ... kemungkinan besar kemenangan ada pada pilot yang cerdik.

Diagram di bawah ini menunjukkan alur pikir dari OODA Loop tersebut

Sedangkan Orient dapat dipecah kembali menjadi

Sehubungan dengan riset kami mengenai e-health tadi, topik yang ditawarkan adalah permasalahan flu burung. Saya berharap dengan selesainya riset kami untuk e-health ini maka paling tidak sedikit dari sekian banyak permasalahan yang terjadi di Indonesia khususnya teratasi. Dengan ridha 4JJ1 tentunya ...

Semoga dengan riset ini mendatangkan kebaikan untuk ummat, amin ya Rabbal alamin.

--Dimas

2 Comments:

At 10:36 AM, Anonymous Anonymous said...

wew harusnya kuliah
strategi pengembangan IT neeehhh..

 
At 5:11 PM, Blogger Dimas said...

he3x .. iya nih Yu, cuman aja waktu itu gak kepikiran kalo yg dibahas Sun Tzu, OODA, strategi2 militer gitu dalam IT.

Tau gitu ambil ... :(

--Dimas

 

Post a Comment

<< Home