Sunday, November 02, 2008

Kisah Kesuksesan dalam Kesederhanaan

Bismillah,

Kembali ke bahasa Indonesia sekarang,

Kemarin saya dengan ibu Sari Ningsih yang juga seorang tenaga pengajar di SD Al Biruni Bandung menonton film yang sangat dikenal saat ini .... yaitu "Laskar Pelangi" di 21 BIP --Bandung Indah Plaza--.

Kisah yang diangkat dari karya sastra Andrea Hirata tersebut sangat menyentuh saya terutama bagaimana mereka yang hidup dalam kesederhanaan berusaha sekeras mungkin untuk menggapai apa yang mereka cita-citakan. Ya, tidak kalah pentingnya adalah peran dari tenaga pengajar mereka.

Saya yakin bahwa kehidupan yang para "Laskar Pelangi" alami pun terjadi di dunia nyata terutama di Indonesia. Hidup dalam serba kekurangan bukanlah suatu penghalang untuk mencapai apa yang telah dicita-citakan. Dan satu yang tidak boleh dilupakan adalah ... "PANTANG MENYERAH".

Ya perkataan itu pula yang diajarkan kepada saya pada saat pendidikan dasar Resimen Mahasiswa ...

Karena saya dan ibu Sari Ningsih memiliki profesi yang tidak jauh beda yaitu pengajar, maka kami pun berdiskusi bagaimana caranya untuk tidak hanya mengajarkan materi kuliah atau pelajaran namun juga bagaimana caranya kami mendidik agar tidak hanya mereka menjadi lebih pintar secara akademik namun juga secara akhlak. Salah satu yang perkataan beliau yang sangat saya camkan adalah ... "Sebelum mereka mendapat pendidikan lebih tinggi, langkah awalnya mereka harus melewati sekolah dasar lebih dulu".

Saya sangat setuju dengan perkataan beliau, dan metode yang digunakan oleh tenaga para pengajar di film "Laskar Pelangi" tersebut sesuai dengan jiwa pengajar. Bukanlah materi yang dikejar namun jiwa sebagai seorang pengajar yang membuat anak didik menjadi lebih cerdas itulah yang sebaiknya ditanamkan.

Terus terang saya menjadi lebih bersemangat kembali setelah masa reses saya dengan permasalahan yang saya hadapi kemarin .... kemarin hehehe. Ya, Insya Allah apa yang kita usahakan akan menjadikan kehidupan lebih baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Akhir kata, marilah kita berusaha untuk mengubah diri dan sekitar agar menjadi lebih baik dari sebelumnya, Insya Allah suatu saat nanti masyarakat kita khususnya di Indonesia mendapat pendidikan yang lebih layak dan kehidupan yang lebih baik, amin.

Ya Allah, ampunilah kami atas kesalahan kami baik dulu ataupun sekarang ...

Ya Allah, jadikanlah amalan kami bermanfaat bagi umat ...

Ya Allah, berikanlah kepada hamba-Mu yang lemah ini agar dapat untuk memberikan terbaik yang bisa dia berikan untuk kemajuan umat atas nama-Mu, ya Rabb.

--Dimas

Labels:

1 Comments:

At 4:52 PM, Blogger Admind said...

Betul sekali kejayaan harus diawali dari dasar.Akhlak adalah pokok kuncinya.Jika baik,akan jadi baik,jika jelek ya tentunya jadi jelek.

 

Post a Comment

<< Home