Saturday, December 16, 2006

PR alias Pekerjaan Rumah

Bismillah,

Sebenarnya pada jaman dulu saya --errr ... bukan jaman batu lho ya-- membuat PR atau pekerjaan rumah bukanlah hal yang menyenangkan malah membosankan dan membuat mumet kepala.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu saya mulai sadar bahwa PR bukan saja melatih kita untuk berpikir kritis tapi juga melatih otak kita untuk troubleshoot permasalahan yang diberikan ke kita. Dampaknya adalah, kalau kita menghadapi persoalan yang sama persis maka kita tinggal menyesuaikan saja. Beda halnya dengan orang yang sama sekali tidak mengerjakan atau lebih parah lagi, plagiarisme atau contek mencontek. Memang saya dulu sering mencontek PR teman pas SMP --Ssstt...-- tapi akhirnya saya terkena remorse tinggal kelas pas kelas 1 SMP. Yaaah, apa yang kita hadapi dalam hidup memang banyak hikmahnya.

Sejak itu saya mulai mengerjakan PR sendiri. Malas ? malas ... tapi setelah saya paksakan diri saya sendiri maka apa yang tadinya susah malah menjadi mudah. So ini juga buat pelajaran yang lain bahwa mengerjakan PR banyak manfaatnya apalagi kalau dikerjakan sendiri. Tidak mengerti ya bertanya, ada pepatah malu bertanya sesat di jalan.

Oke .. ada 2 teman saya yang memberikan saya PR yaitu Drg. Deasy Rosalina dan Utami Pinjung Sari yah, inilah hasil yang saya kerjakan:

Lima alasan ngeblog:
  1. Untuk mencurahkan segala isi pikiran saya, baik dari apa yang saya lihat maupun apa yang saya alami. Dengan demikian dari situ saya bisa berbagi dan siapa tau memberikan syafa'at dan hikmah bagi yang lain. Yang penting adalah membuka silaturahim kepada yang lain, dengan demikian maka rizqi 4JJ1 seiring dengan itu.
  2. Mengasah kemampuan saya untuk menulis secara deskriptif. Dulu saya susah sekali untuk membuat tulisan deskriptif dan ekspositif, nah dengan menulis ini saya berharap kemampuan itu tertajamkan sehingga untuk kedepannya saya bisa memaparkan apa yang saya harus paparkan. Termasuk dalam forum ilmiah.
  3. Menukarkan ilmu baru, yaitu kalau saya mendapatkan ilmu baru saya ingin berbagi dan kalau bisa bertukar sehingga selain developing diri saya sendiri juga bagi orang lain. Kalau ada yang salah bisa diralat. Selain itu juga untuk memberikan gambaran baru mengenai teknologi dan ide2 lain yang dapat membangun. Salah satu parameter kesejahteraan bangsa adalah dengan dikuasainya IPTEK. Jadi, kalau ada ide2 baru minimal ada yang bisa mendongkrak sedikit indeks itu, Insya 4JJ1 konsisten dengan ini.
  4. Curhat. Yah, siapa sih yang tidak pernah mengalami masalah ya kan ? Dengan blog saya bisa mencurahkan apa yang masih terganjal dalam diri sendiri. Diawali dengan putusnya hubungan kasih saya dengan seseorang di sana --bahkan she treat you like shit kata beberapa teman saya-- sampai dengan masalah lain yang masih ada dalam hati saya seperti kejadian yang membuat saya trenyuh, kagum, bangga, dll.
  5. Bercerita dari sejarah. Seperti yang mungkin viewers melihat di posting saya yaitu kisah sejarah entah perang, peralatan militer --yah, saya MENWA sih jadi suka sama yang begituan, hehehehe...--, tokoh sejarah atau yang lainnya.

Lima tipe Blog yang disukai:
  1. Blog yang berisi sesuatu yang bermanfaat seperti tulisan2 ilmiah, puisi, inovasi, dan beasiswa/lowongan kerja.
  2. Blog yang edukatif dan objektif.
  3. Blog yang berisi nilai2 Islamiyah, seperti kutipan Al Qur'an, Sunnah Rasulullah SAW, maupun kaitan antara ilmu pengetahuan dengan Al Qur'an --FYI, Al Qur'an mengandung banyak sekali ilmu pengetahuan seperti asal usul kejadian manusia, alam semesta, sains, engineering, sosial, dll--.
  4. Blog yang mengandung unsur keprihatinan sosial.
  5. Dan yang terakhir adalah ... Blog yang templatenya bagus2 :D.

Lima Blog yang sering dikunjungi
  1. Blog yang memberikan PR ini :).
  2. Blog temen2 di shoutbox dan di list temen2 saya
  3. Blog pak Dr. Budi Rahardjo dan Ir. Rinaldi Munir, MT.
  4. Blog dari temen2 BlogFam n Friendster.
  5. Blog yang memberikan saya kehangatan hati --Hmmmm .... seandainya saya ...---

Yah akhirnya PR ini diselesaikan. Maaf overdue karena semakin banyak kerjaan saya nih ngedit2 slide kuliah C++ yang sedianya akan dipost di kuliah online ITB.

--Dimas

1 Comments:

At 9:31 AM, Blogger RoSa said...

nah gitu donk k!!!pinter deh PRnya udah dikerjain :D

 

Post a Comment

<< Home